wiranata
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Mengatasi Indihome Lemot

Masalah Indihome yang lemot atau pun lelet seperti ini kadang kalanya membuat kesal.
 
Bagaimana tidak, urusan browsing, nonton film, download film di indoxxi, streaming musik, bermain game online, download video di youtube, atau yang lainnya jadi semakin lambat.
 
Pada dasarnya Indihome yang lambat kecepatannya disebabkan oleh banyak hal.
 
Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih lengkapnya tentang penyebab dan cara mengatasi Indihome lemot. So, simak baik – baik ulasannya sampai selesai ya!
 

Penyebab Indihome Lemot

Dilansir dari website https://filehippo.co.id/ Indihome merupakan singkatan dari Indonesia Digital Home. Ini adalah layanan internet broadband yang jadi pengganti speedy milik Telkom.
 
Indihome pada dasarnya hadir dengan menggunakan teknologi terbaik, yakni Fiber Optic yang diklaim jauh lebih cepat atau gesit dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga.
 
Indihome tidak hanya menawarkan layanan dengan beragam pilihan kuota, akan tetapi paket yang disediakannya pun juga ada banyak banget. 10 Mbps adalah paket yang paling banyak digunakan, dan paket tersebut ternyata merupakan paket yang paling sering dikeluhkan para pelanggannya.
 
Alasannya, paket 10 Mbps dari Indihome ternyata kerap kali alami gangguan dan penurunan kecepatan secara tiba – tiba. Tapi demikain, asal Anda tahu saja bahwa gangguannya tak separah dan sesering speedy.
 
Tapi hal ini tentu saja jadi sebuah kendala bagi beberapa pelanggan Indihome.
 
Sebelum kami akan membahas tentang cara mengatasi Indihome lemot, berikut ini adalah beberapa penyebab Indihome lemot yang harus Anda tahu.
 
Indihome sudah kena FUP
 
Penyebab Indihome lemot pertama adalah karena Indihome sudah kena FUP. Tahukah Anda apa FUP? Ini merupakan sebuah peraturan yang jadi penyebab utama menurunnya kecepatan internet. Sebab pengguna sudah menyentuh batas maksimal yang ditentukan untuk penggunaan internet. Pada kasus tersebut, Indihome 10 Mbps biasanya memberi batas maksimal pertama sebanyak 300-400GB.
 
Gangguan pusat
 
Sama seperti jamannya speedy, Indihome juga masih sering alami gangguan jaringan meskipun jaringan Fiber Optic-nya sudah jauh lebih baik. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa membuat laporan ke 147, atau lewat Facebook maupun Twitter Telkom Care.
 
WiFi di pakai banyak orang
 
Indihome yang lelet atau lemot pada dasarnya memang bisa disebabkan karena bandwith yang tersedia digunakan oleh banyak orang sekaligus. Apabila Anda hanya menggunakan Indihome 10 Mbps, maka Indihome akan terasa sangat lambat dan lelet saat digunakan bersama lebih dari 7 – 10 orang, atau lebih.
apalagi jika satu koneksi internet juga digunakan ramai – ramai untuk mendownload file berukuran besar. Bukan tidak mungkin lagi jika pada akhirnya Indihome terasa sangat lemot.
 
Modem rusak
 
Modem yang rusak memang bisa memicu internet tidak bisa diakses seperti biasa, tetapi masih ada tanda seru pada WiFi? Itu artinya ada kabel yang putus, atau modem Anda sendiri yang alami kerusakan. Modem yang rusak seperti ini biasanya disebabkan oleh debu, panas, dan tangan – tangan jahil.
 
Jika Anda memang tidak ingi modem rusak, maka penting sekali bagi Anda untuk selalu menyelimuti modem tersebut dengan kain yang tipis, dan lembut. Sehingga terhindar dari debu dan udara pun bisa keluar masuk.
 
Sinyal WiFi lemah
 
Masalah Indihome yang lelet dan lemot bisa jadi karena sinyal WiFi yang terlalu lemah. Nah, untuk masalah satu ini Anda bisa mengatur seberapa kuatnya sinyal WiFi yang Anda butuhkan lewat halaman konfigurasi modem Indihome. Apabila kekuatan sinyal dirasa kurang, maka penting sekali bagi Anda untuk melakukan pengaturaan pada jangkauan sinyal WiFi.
 
Tagihan belum di bayar
 
Penyebab terakhir kenapa Indihome lemot atau lelet adalah tagihan yang belum di bayar. Penting sekali untuk Anda tahu dan ingat bahwa tagihan Indihome dibayar sebelum tanggal 20 – 21. Apabila Anda membayar lewat dari tanggal tersebut, maka internet Anda agak diisolir.
 
Isolir Indihome ini merupakan pemberian rentang waktu tagihan, namun Anda masih tetap bisa akses jaringan WiFi Indihome dengan syarat lemot dan dibatasi.
 

Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot

Sebenarnya cara mengatasi WiFi Indihome lemot ini mudah sekali, untuk informasi selengkapnya mari simak pada ulasan di bawah ini.
 
Reset modem
 
Cara mengatasi Indihome lemot yang pertama adalah mereset modem Indihome itu sendiri. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh banyak masalah yang mungkin saja masih belum Anda pahami dengan baik.
 
Silakan Anda coba lakukan reset pada modem Indihome. Lalu masukkan lidi berukuran kecil ke lubang modem dan tahan. Modem Indihome Anda akan secara otomatis melakukan reset dengan sendirinya. Tunggu beberapa saat dan Indihome bisa diakses dengan normal kembali.
 
Ganti password Indihome
 
Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi Indihome lemot adalah dengan mengganti password Indihome secara berkala. Selain membuat kecepatan internet Anda normal kembali, yang demikian ini juga bertujuan agar tidak ada pencuri internet.
 
Cara mengganti password Indihome ini mudah sekali, Anda hanya perlu memasukkan IP 192.168.1.1 ke browser dan lakukan Log-In untuk bisa masuk ke menu Security. Jika sudah, ganti password dengan karakter yang mudah Anda ingat.
 
Hubungi teknisi Indihome
 
Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menghubungi teknisi Indihome. Di sini Anda bisa menghubunginya lewat nomor telepon 147, atau pun melalui akun Facebook-nya, yakni Telkom Care, maupun akun Twitter-nya yakni @telkomcare.
 
Bayar tagihan Indihome
 
Jika Anda memang masih belum membayar tagihan Indihome, maka tidak heran lagi jika Indihome di rumah Anda lemot atau lelet. Maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk segera membayar tagihan yang sudah ditentukan tepat waktu. Sehingga Anda bisa berselancar di dunia maya dengan lancar.
 
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi Indihome lemot. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 22 Mei 21 - 00:16 WIB
Dalam Kategori : CARA MENGATASI INDIHOME LEMOT
Dibaca sebanyak : 44 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback