wiranata
Blog Universitas Komputer Indonesia

Perbedaan WiFi dan Hotspot

Perbedaan WiFi dan Hotspot
Perbedaan wifi dan hotspot – Paket berlangganan data yangProvider bukan hanya satu-satunya pilihan untuk mengakses internet saat ini. Ada banyak cara lain yang disediakan smartphone kita untuk berbagi dan mengakses internet.
 

Kita dapat berbagi koneksi internet kita dengan perangkat terdekat dan bluetooth. Meskipun hotspot wifi adalah istilah yang umum digunakan, ada perbedaan signifikan antara wifi dan hotspot.

Perbedaan antara wifi dan hotspot adalah seperangkat protokol untuk mengakses dan berbagi internet melalui jaringan area lokal, sedangkan hotspot adalah lokasi fisik di mana perangkat pusat menyediakan akses internet ke beberapa perangkat.

Wifi adalah singkatan dari wireless fidelity. Ini adalah seperangkat protokol untuk mengakses internet tanpa perlu kabel. Jangkauannya terbatas pada jaringan area lokal (LAN).

Hotspot adalah lokasi fisik yang mengidentifikasi jaringan area lokal. Ini menciptakan banyak titik akses nirkabel bagi pengguna. Titik-titik ini kemudian dapat diakses menggunakan wifi atau bluetooth dari perangkat jaringan.

Apa itu WiFi?

Wifi adalah singkatan dari wireless fidelity. Ini didasarkan pada keluarga protokol IEEE 802. Ini menyediakan klien di Jaringan Area Lokal dengan akses internet. Hampir semua perangkat saat ini sudah dilengkapi dengan dukungan wifi. Kita bisa mengakses wifi di smartphone, laptop, tablet, dan komputer kita.

Teknologi wifi menggunakan pita radio Ultra-High Frequency 2,4 GHz. Karena penghalang seperti dinding dan pintu, jangkauan wifi terpengaruh. Kita dapat mengatur hotspot wifi dengan mengizinkan smartphone kita untuk berbagi internetnya. Dalam skala kecil, ini termasuk menghubungkan satu atau dua perangkat ke telepon kami dengan perlindungan kata sandi.

Saat ini, wifi menyediakan kecepatan transfer data hingga 1 Gbit/s. Karena lebih rentan diretas, ia dilindungi menggunakan Wi-Fi Protected Access. Wifi memiliki keunggulan ekstra Ini dapat digunakan di tempat-tempat di mana kabel tidak dapat diletakkan.

Awalnya, Wired Equivalent Privacy (WEP) dirancang untuk melindungi jaringan wifi. Namun, kerentanannya mengarah pada desain Wi-Fi Protected Access (WPA). Selain itu, Virtual Private Networks (VPNs) adalah cara yang efektif untuk menjaga keamanan data di jaringan wifi publik.

Apa itu Hotspot?

Hotspot adalah lokasi fisik yang dicirikan oleh perangkat jaringan yang menyediakan akses internet ke klien. Sebuah hotspot mungkin wirless atau kabel.

Ini menggunakan wifi sebagai protokol, dan router sebagai perangkat jaringan untuk menyediakan akses internet ke perangkat di Jaringan Area Lokal Nirkabel. Namun, wifi bukan satu-satunya pilihan. Bluetooth dan kabel USB juga dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet. Dalam hal ini, perangkat dikatakan tether.

Ada dua jenis hotspot berdasarkan lalu lintas klien. Ini adalah hotspot publik dan hotspot pribadi.

Hotspot publik dibuat menggunakan Wireless Access Points (WAP) dan router. Mereka didirikan oleh hotel, perpustakaan, dan organisasi lain untuk memberikan layanan kepada para pengunjung. Hotspot pribadi juga disebut tethering. Ini digunakan untuk berbagi langganan internet smartphone dengan perangkat terdekat lainnya. Tethering dapat diwujudkan dengan menggunakan bluetooth sharing atau koneksi USB.

Ada beberapa masalah keamanan yang terkait dengan hotspot. Koneksi wifi perlu dienkripsi sehingga peretas tidak dapat mencuri data berharga. Juga, penyedia hotspot memiliki seluruh akses ke konten yang dicari oleh klien.

Namun, popularitas akses hotspot meningkat pesat di kalangan orang-orang. Dari 2012 hingga 2018, hotspot di seluruh dunia telah meningkat dari 5,2m menjadi 10,5m.

Perbedaan WiFi dan Hotspot

Wifi dan hotspot tidak sama. Wifi adalah metode koneksi wirless ke penyedia layanan internet. Hotspot adalah setup yang menyediakan akses internet.

Wifi terutama digunakan untuk mengatur hotspot, meskipun ada juga teknologi lain.

Perbedaan utama antara keduanya adalah:

  1. Wifi adalah singkatan dari wireless fidelity dan merupakan metode koneksi Jaringan Area Lokal. Di sisi lain, hotspot adalah perangkat atau lokasi yang menyediakan akses internet ke satu atau beberapa klien di Jaringan Area Lokal.
  2. Wifi adalah seperangkat protokol, sedangkan hotspot adalah lokasi fisik.
  3. Wifi disediakan oleh Penyedia Layanan Internet, sedangkan hotspot diatur oleh perusahaan yang berbeda.
  4. Wifi lebih aman karena penolakan akses ke klien yang mencurigakan itu mudah. Di sisi lain, hotspot kurang aman karena siapa pun dalam jangkauan dapat mengaksesnya.
  5. Biaya yang lebih tinggi dikaitkan dengan mengakses wifi dari ISP, sedangkan hotspot umum umumnya gratis untuk digunakan.

Kesimpulan

Wifi adalah pelamar baru untuk dunia jaringan. Ini telah menggantikan koneksi Ethernet yang kompleks dengan topologi nirkabel sederhana.

Amerika Serikat sendiri memiliki lebih dari 50 juta jaringan wifi. Selain itu, hampir setiap orang pasti pernah menggunakan smartphone mereka sebagai hotspot di beberapa titik waktu.

Koneksi dial-up menjadi kabur karena memulai panggilan telepon untuk jaringan adalah sesuatu dari masa lalu. Wifi diperkenalkan di pasar konsumen pada awal tahun 1997.

Ada banyak organisasi yang menyediakan akses internet kepada pengunjung yang menggunakan hotspot. Beberapa organisasi pemerintah juga memberikan akses internet gratis kepada karyawan secara gratis.

Diketahui jumlah pengguna internet terbanyak adalah remaja dan anak-anak. Meskipun ada manfaat menyerahkan internet dan perangkat sejenis kepada anak-anak untuk perkembangan mental mereka, ada juga beberapa risiko serius.

Sifat anak-anak yang ingin tahu dan naif dapat membuat mereka menjadi mangsa orang-orang jahat di internet. Di India saja, kejahatan dunia maya telah meningkat sebesar 457% antara tahun 2011 hingga 2016.

Adalah tanggung jawab orang tua untuk mewaspadai dan membuat anak-anak mereka sadar akan ancaman di internet. Hati yang terluka di masa kanak-kanak bisa berakibat fatal seumur hidup.

Sumber: pipe-psikotes.co.id

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 30 Mei 22 - 13:06 WIB
Dalam Kategori : PERBEDAAN WIFI DAN HOTSPOT
Dibaca sebanyak : 568 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback