wiranata
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Belajar Gitar Fingerstyle Untuk Pemula

Tips Belajar Gitar Fingerstyle Untuk Pemula

Fingerstyle adalah teknik bermain gitar tingkat lanjut dan masih sangat sulit untuk diikuti oleh gitaris tingkat lanjut sekalipun, jika tidak diimbangi dengan latihan yang keras.Pelajari gitar Fingerstyle menjadi seperti Andi Mckee atau gitaris profesional lainnya. Hal ini dikarenakan belajar menguasai metode fingerboard tidak semudah menguasai gitar lainnya, karena ada teknik atau tips khusus yang perlu dilakukan.

Karena Anda harus memiliki gaya khusus untuk mempelajarinya, tentunya Anda juga membutuhkan teknik dasar. Teknik dasar yang membuat Anda lebih mahir dalam memainkan Fingerstyle dalam menguasai atau memahami setiap nada dan juga kunci dasar gitar akustik. Dengan modal tersebut, besar kemungkinan Anda akan bisa menguasai gitar secara fingertip dengan lebih mudah dan cepat. Nah, berikut adalah beberapa tips lain untuk dipahami.

Tips Belajar Gitar Fingerstyle untuk Pemula

Bermain dan belajar menguasai gitar fingerstyle memiliki perbedaan yang sangat besar jika dibandingkan dengan bermain gitar akustik lainnya pada umumnya. Hal ini dikarenakan bermain gitar Fingerstyle sebenarnya memiliki level yang lebih tinggi dari gitar lainnya. Jika Anda seorang gitaris melodi, ada banyak keuntungan yang bisa Anda manfaatkan. Ini karena akan lebih mudah ketika Anda belajar gitar gaya ujung jari karena jari-jari Anda sudah terlatih.

Nah, bagi Anda yang bukan gitaris melodis dan ingin belajar gitar gaya fingerboard, berikut beberapa tips dan langkah yang perlu Anda ketahui:

1. Cobalah bermain gitar menggunakan ujung jari Anda.

Ciri khas belajar gitar gaya ujung jari adalah cara memainkannya menggunakan ujung jari Anda. Pada percobaan pertama, Anda mungkin merasakan sakit yang berbeda. Hal ini dikarenakan ujung jari tangan kanan tidak pernah merasakan sakit dibandingkan dengan jari tangan kiri yang digunakan untuk menekan tendon. Namun, setelah Anda terbiasa, rasa sakitnya menjadi normal.

2. Melakukan gaya ujung jari (finger exercise)

Cara ini sangat mudah, tinggal memainkan kunci gitar menggunakan ujung jari dari atas ke bawah. Ada catatan khusus agar proses belajar gitar dengan gaya fingerboard menjadi optimal. Pertama pastikan jari kelingking pada senar pertama, jari manis pada senar kedua, dan jari tengah pada senar ketiga. Juga, pastikan jari telunjuk Anda berada di senar keempat dan ibu jari Anda di senar kelima dan keenam. Bolak-balik. Jika ujung jari Anda terbiasa dan mulai bergerak cepat, Anda sebenarnya dapat memainkan nada tersebut.

3. Latihan gitar gaya jari nyata

Ini adalah tahap terakhir ketika Anda belajar gitar gaya ujung jari nanti. Jika kedua teks yang dijelaskan di atas dikuasai dengan baik, Anda juga dapat bermain gitar dengan gitar ini. Lakukan latihan dengan pilihan lagu yang menurut Anda tidak terlalu sulit terlebih dahulu. Anda dapat menemukan kunci gitar ujung jari dasar di berbagai situs di Internet. Anda hanya perlu menemukan situs terbaik dan memasukkan kata kunci Ande Mckee atau Sung Ha Jung. Selanjutnya, cari lagu yang paling mudah dimainkan dan pilih dengan finger guitar.

Ini adalah beberapa tips ketika belajar bermain gitar dengan gaya ujung jari. Meski terkesan sangat rumit dan sulit, namun jika sudah terbiasa berlatih dan bermain, sepertinya kesulitan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Dan yang terpenting, berlatihlah belajar gitar finger style secara rutin agar anda bisa benar-benar menguasai gitar finger style ini. Selain belajar sendiri, belajar gitar di tempat kursus juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam kursus ini, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan teknik yang lebih lengkap.

Berita Terkait:

  • https://www.umrohpedia.id/
  • https://timindonesia.id/
  • https://www.dealerdaihatsutangsel.net/
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 07 April 22 - 15:15 WIB
Dalam Kategori : TIPS BELAJAR GITAR FINGERSTYLE UNTUK PEMULA
Dibaca sebanyak : 1484 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback